Sunday, September 15, 2019

1. Jelaskan Pengertian Segmentasi Pasar, dan sebutkan tujuan dilakukannya segmentasi pasar oleh perusahaan


2. Dalam melakukan segmentasi pasar harus memenuhi kriteria sbb:     
a. Measurable     
b. subtantial   
c. Accesible     
d. Diferentiable     
Jelaskan dengan singkat dan jelas masing-masing kriteria tersebut

3  Diantara penetapan segmentasi pasar ada yang berpedoman pada:     
a. Preferensi Pelanggan      
b. Sensitifitas harga     
Jelaskan dengan singkat dan jelas masing-masing segmentasi tersebut berikan contohnya.

4. Jelaskan maksud pengelompokan segmentasi pasar berdasarkan     

a. Demografis                    b. Geografis

5. Jelaskan hubungan Segmentasi Pasar dengan Analis Pasar.



JAWABAN :

1.
Segmentasi Pasar adalah pembagian kelompok konsumen/ pembeli yang memiliki kebutuhan, karakteristik, dan perilaku yang berbeda-beda (heterogen) di dalam pasar tertentu sehingga nantinya menjadi satuan pasar yang homogen dan dijadikan sasaran pasar dengan strategi marketing mix tersendiri.

TUJUAN :  1. Memudahkan Dalam Membedakan Pasar
                  2. Pelayanan Konsumen Menjadi Lebih Baik
                  3. Strategi Pemasaran Lebih Terarah
                  4. Mengenal Kompetitor dengan Segmen yang Sama
                  5. Evaluasi Target dan Rencana Bisnis
2.     

1. Dapat Diukur (Measurable)pengelompokan pasar harus terukur, baik dalam besarnya, luasnya, serta daya beli konsumen pada segmen pasar tersebut.
2. Dapat Dijangkau (Accessible), segmentasi pasar juga harus bisa dilaksanakan. Dengan kata lain, strategi pemasaran yang dibuat dapat dilakukan dan dapat melayani segmen pasar dengan baik.
3. Cukup Besar (Substantial)pengelompokan pasar harus cukup besar sehingga dapat menguntungkan ketika dilayani oleh perusahaan.
4. Dapat Dibedakan (Differentiable), artinya segmen pasar yang dikelompokkan harus dapat dibedakan dengan jelas.
5. Dapat Dilaksanakan (Actionable), market segmentation harus dapat dilayani atau dijangkau oleh sumber daya yang dimiliki oleh perusahaan.

3.

  • Preferensi Pelanggan – Preferensi pelanggan seperti persepsi bahan makanan. Misalnya, merek saus salad dengan semua bahan alami untuk pelanggan yang tidak menyukai bahan yang terdengar seperti bahan kimia.



  • Sensitivitas harga – Di luar penghasilan, orang memiliki kepekaan harga yang berbeda dibandingkan dengan kategori produk. Misalnya, konsumen iphone yang membeli smartphone tersebut dengan harga yang kebanyakan orang bilang cukup mahal, namun tidak bagi para pecinta produk Apple yang tahu kelebihannya.


4.
  • Demografis, yaitu dasar pengelompokan pasar berdasarkan demografis yang meliputi jenis kelamin, usia, pendidikan, penghasilan, pekerjaan, agama, ras, dan lain-lain.
  • Geografis, yaitu dasar pengelompokan pasar berdasarkan aspek geografis yang meliputi lokasi atau daerah, wilayah, iklim, kepadatan penduduk, dan lainnya.
5.
Segmentasi pasar   : penggelompokan pasar menjadi berkelompok yang homogen dimana setiap kelompok dapat dipilih sebagai pasar dituju dan

     
Analisa pasar         : untuk membantu management mendefinisikan siapa aja yang akan mengrogoti pasar produknya 

No comments:

Post a Comment